Jumat, 14 Juni 2013

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja di Depan Komputer

Komputer pada zaman sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, sebab hampir setiap hari kita selalu ada di hadapan komputer dan tentunya dengan berada berjam-jam di depan komputer dapat mempengaruhi kesehatan mata. Berikut akan saya ulas sedikit tentang tips menjaga kesehatan mata saat bekerja di depan komputer.

1. Bekerja diruang yang cukup cahaya
Penerangan ruangan kerja haruslah cukup, tidak terlalu suram, dan tidak terlalu gelap. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala atau di belakang punggung sehingga tidak menatap langsung cahaya lampu. Hindari menatap cahayanya secara langsung

2. Gunakan filter monitor
Untuk mengurangi radiasi yang dipancarkan monitor, gunakan filter glass monitor. atau untuk mengurangi cahaya yang masuk, anda juga dapat menggunakan kacamata terapi.

3. Aturlah posisi monitor dengan baik
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata, juga menjaga agar bahu dan leher cukup aman bekerja.

4. Gunakan kacamata atau lensa kontak
Jika pekerjaan anda mengharuskan untuk bekerja sepanjang hari di depan komputer, maka gunakanlah kacamata yang baik. Untuk mengoptimalkan penglihatan mata maka resep kacamata hanyalah 83%, sisanya memberikan otot mata untuk mengadakan perbaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar